Cari Judul Lagu

Friday 7 September 2018

Cara Menampilkan Cropping Tool Pada Jendela Kerja Photoshop

 




Crop tool termasuk salah satu tool penting dalam Photoshop, tool yang berfungsi dalam memotong atau membuat ukuran foto sesuai yang kita inginkan juga sesuai permintaan pelanggan ini hampir tidak pernah tidak digunakan setiap kita bekerja dalam pemrosesan sebuah foto.
Jadi alangkah pentingnya jika kita bisa memilih crop tool sesuai dengan ukuran yang kita perlukan hanya dalam sekali klik saja. Ya, kalau bisa hanya dalam sekali klik saja tentu saja pekerjaan kita bisa lebih cepat.
Cara untuk menampilkan crop tool pada jendela kerja Photoshop sebenarnya tidak sulit, atau dengan kata lain sangat gampang sekali.
Pertama-tama buatlah crop tool sesuai dengan ukuran yang kita inginkan ( disini sebagai contoh saya akan bagikan cara membuat cropping 3 x 4). Bagi yang belum terbiasa membuat crop tool sendiri saya akan coba membagikan caranya tahap demi tahap.
-        Pertama pada menu tool (sebelah kiri) centanglah pada crop tool  
-        Kemudian pada workspace (sebelah atas) isikanlah angka seperti dibawah ini (dalam hal ini saya membuat ukuran 2.8 cm x 3.8 cm dengan resolusi 300 pixel/ inchi untuk cropping pas photo ukuran 3 x 4)
-        Buatlah nama tool yang telah dibuat, dengan cara mencentang pada segitiga kecil seperti pada gambar
 
Maka akan muncul gambar seperti ini
Buatlah namanya menjadi 3 x 4 agar lebih gampang pada proses penggunaannya nantinya
Setelah membuat tool yang baru maka tool yang kita buat akan muncul apabila kita mencentang segitiga kecil seperti pada lingkaran nomor 1 diatas setelah kita mencentang tool cropping.
Sekarang yang kita inginkan adalah bagaimana supaya cropping tool yang kita buat bisa muncul di jendela kerja kita, atau dengan kata lain kita dapat memilih cropping tool yang kita inginkan hanya dalam sekali centang saja. 
Semua cropping tool yang kita buat dan juga beberapa tool pilihan photoshop tersusun dalam tool preset, maka yang kita perlukan sekarang adalah supaya tool preset ini bisa ditampilkan pada jendela kerja kita, sehingga kita bisa mengaksesnya dengan gampang.
Untuk menampilkan tool preset pertama klik pada menu window  kemudian centang atau berilah tanda v pada pilihan tool preset.


Maka tool preset akan muncul pada layar monitor tapi pada tahap ini kemungkinan posisinya masih pada posisi acak, untuk itu geserlah jendela tool preset tersebut dengan cara diklik tahan dan tarik kursor ke posisi yang kita inginkan agar gampang diakses. 
Tutup dan bukalah kembali program photoshop untuk memastikan jendela tool preset telah tampil setiap kita membuka program tersebut.
Demikianlah sedikit berbagi mengenai cara menampilkan tool cropping pada photoshop semoga beranfaat. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

Sayang Simanisna __ Cipt.John Rocky Pinem

G Aku kuakap si telap na makaro          Am Bere dibata kam si man kelengen C Natap cirem ndu bene                G kerina si man tangkelen ...