Cari Judul Lagu

Friday 7 September 2018

Agar Print Foto B/W Tidak Kemerahan Atau Kehijauan

Pada beberapa macam printer photo, terkadang hasil foto yang keluar pada saat kita melakukan pencetakan foto atau pas foto hitam putih ternyata hasil cetakannya tidak seperti yang kita harapkan. Meskipun jika dilihat di monitor, gambar kita kelihatannya sudah sempurna dan sesuai dengan yag kita inginkan.

 Hal ini tentu membuat pelanggan kita kecewa dan komplain, atau bahkan tak jarang photo yang sudah dibawa esok harinya justru dibawa kembali kepada kita karena ternyata photonya tidak diterima di sekolah atau di kampus. 
Pas photo hitam putih atau b/w sangatlah penting untuk diperhatikan kualitas dan juga dari segi kesempurnaan warna hitam putihnya mengingat pas photo b/w pada umumnya digunakan untuk hal-hal yang boleh dikatakan penting atau resmi. Tak jarang sebelum terjadinya deal dalam berfoto maupun hanya sekedar cuci foto, pelanggan terlebih dahulu menanyakan kita memakai kertas yang bagaimana karena dari sekolah ataupun pihak kampus juga sudah mewanti-wanti agar pas photonya tidak menggunakan kertas cetak atau diprint. Tapi hal ini bias diakali bila kita bisa mengatur warna pada foto yang kita hasilkan.
Baiklah disini saya akan coba berbagi mengenai cara agar print  foto atau pas photo b/w  bisa mendekati sesuai dengan warna yang dihasilkan dengan mesin cetak foto.
Pada umumnya bila kita memprint foto hitam putih maka hasil yang dihasilkan kebanyakan yang berwarna kehijauan dan kemerahan pada merek –merek terentu, mungkin ada juga printer yang menghasilkan foto b/w  yang  hitam putihnya nyaris  sempurna.  Seperti yang saya alami sendiri dimana sesungguhnya sudah lama saya tidak mengalami foto b/w yang kemerahan ketika saya menggunakan Epson T13 dan T13x, tapi kini saya mengalaminya kembali setelah saya memakai versi L310 nya.
- Cara mengakali hasil print photo b/w yang kemerahan.
Untuk mengatasi hasil print foto b/w yang kemerahan sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Hal ini kita lakukan sebelum photo diprint  atau setelah photo di edit pada Photoshop.
Setelah photo dirubah dari photo warna menjadi hitam putih, jangan lupa atur pencahayaan atau gelap terangnya.
Setelah itu kembalikan mode foto ke mode RGB (image – mode – RGB) hal ini berlaku apa bila pada saat mengubah menjadi foto b/w anda menggunakan image – mode – grayscale, apabila menggunakan cara lain saya tidak tau apakah cara ini bias diterapkan.


Setelah kita mengembalikan ke mode RGB maka kini kita bisa mengatur warna foto agar pada pencetakan bisa menghasilkan foto b/w yang diharapkan.
Dalam hal ini kita bisa menggunakan color balance (image-adjusment-color balance, atau bisa juga ctrl+B). yang kita lakukan adalah mengurangi warna red dan terutama magenta,  seperti contoh dibawah.

Angka- angka diatas bukanlah suatu patokan, tidak ada salahnya mencoba beberapa ukuran level yang berbeda sampai mendapatkan hasil yang diinginkan, karena setelah mendapat formula yang tepat hal ini bisa kita terapkan untuk selanjutnya.
Tak masalah jika pada monitor foto kita jadi nampak kehijauan seperti ini

Karena yang kita perlukan adalah hasil yang dicetak, bukan hasil yang di monitor.
- Cara mengakali print photo b/w kehijauan

 
Sedangkan untuk foto kehijauan seperti ini langkah-langkahnya sama dengan photo kemerahan diatas, tapi disini yang kita kurangi adalah kebalikan dari settingan diatas,

Dan jangan lupa mencoba beberapa ukuran level yang berbeda sampai mendapatkan hasil yang diinginkan, karena setelah mendapat formula yang tepat hal ini bisa kita terapkan untuk selanjutnya.
Setelah proses penyetingan warna diatas maka penampakan di monitor kira kira seperti gbr dibawah ini
Setelah setting warna, kini kita dapat melanjutkan untuk pengeditan selanjutnya seperti cropping dan menyusun pada kertas baru untuk pencetakan.
Demikianlah sekilas tetang pembahasan ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

No comments:

Post a Comment

Sayang Simanisna __ Cipt.John Rocky Pinem

G Aku kuakap si telap na makaro          Am Bere dibata kam si man kelengen C Natap cirem ndu bene                G kerina si man tangkelen ...